Cek Harga Lampu LED Sesuai Dengan Jenis Dan Bentuknya

Lampu LED menjadi sebuah lampu yang banyak dipilih oleh masyarakat. Hal ini menjadi sebuah proses untuk penghematan listrik karena lampu LED terkenal dengan dayanya yang kecil. Lampu LED menggunakan bahan semi konduktor yang mampu untuk memancarkan cahaya dengan terang. Warna dari cahaya yang dihasilkan tergantung pada jenis semi konduktor yang digunakan. Apabila kamu memilih bahan semi konduktor silikon maka akan menghasilkan warna yang tidak begitu bagus. LED yang berasal dari silikon biasanya akan menghasilkan cahaya infra merah. Seperti yang diketahui bahwa cahaya infra merah tidak dapat terdeteksi oleh mata manusia. Namun, sinar infra merah dapat digunakan untuk remote tv dan beberapa kebutuhan remot lainnya. LED yang pertama kali ditemukan yaitu LED warna merah yang ada sejak tahun 1960. Cek harga lampu LED sesuai dengan jenis dan kegunaannya.

LED warna biru pertama kali ditemukan pada tahun 1989 yang dibuat dari silikon karbida. Namun, bahan dari silikon dikenal karena efisien dan mudah untuk didapatkan. Pemenang nobel Fisika yang berasal dari Jepang mulai menciptakan LED biru dengan gallium nitride dan telah diluncurkan mulai tahun 2014. Namun, LED biru sulit untuk menghasilkan sinar terang dari beberapa bahan tersebut. Hal yang menyulitkan karena susah untuk menciptakan Kristal gallium nitride dengan kualitas tinggi. Cara termudah biasanya dengan menciptakan Kristal dan struktur yang serupa. Namun, susunan atom gallium nitride biasanya rumit sehingga membuat hal yang menantang. Apabila ingin membuat lampu LED warna biru maka memerlukan banyak lapisan materi yang lebih kompleks. Hal ini menyimpang untuk aturan baku yang dibutuhkan saat membuat tipe p dan tipe n yang saling menghubung. Secara teori LED biru dapat direkayasa menjadi beberapa warna seperti hijau, kuning, atau orang dengan cara menjadikan lebar lapisan kuantum menjadi berbeda-beda. Harga lampu LED biru juga lebih tinggi apabila dibandingkan dengan warna lainnya.

Jenis- Jenis Lampu LED Dengan Berbagai Rinciannya

Ada beberapa jenis lampu LED yang telah beredar di pasaran. Harga lampu LED juga ditentukan dengan jenis dan kualitas bahan yang digunakan. Kamu bisa memilih lampu LED yang sesuai dengan budget yang dimiliki. Lampu LED pertama yaitu miniature LED. Jenis lampu ini merupakan jenis lampu LED pertama yang dikenalkan. Lampu LED jenis ini biasanya digunakan untuk indikator maupun hiasan ruangan. Ukuran yang digunakan juga sangat kecil dan tersedia dalam beberapa jenis warna. Miniature LED menjadi salah satu jenis lampu LED yang dijual dengan harga yang cukup murah. Kamu akan mendapatkan harga lampu LED dengan murah apabila memilih jenis ini. Kedua adalah superflux LED. Super Flux LED menjadi salah satu jenis lampu LED yang mengkonsumsi listrik dalam jumlah tinggi. Hal ini tentu tak mengherankan karena LED jenis ini mempunyai dua kutub positif dan juga kutub negatif. Lampu LED jenis ini banyak digunakan untuk menjadi penerangan lampu yang terdapat pada papan iklan dan terdapat pada pinggir-pinggir jalan. Jenis lampu LED ketiga yaitu bicolor LED. Lampu LED ini mengeluarkan cahaya lebih dari satu warna. Lampu LED ini dapat mengeluarkan cahaya dalam berbagai macam warna yang dapat digunakan secara bergantian. Lampu jenis ini banyak diaplikasikan pada mainan anak-anak. Lampu LED lainnya yaitu SMD LED. Lampu SMD merupakan jenis lampu terkecil untuk LED. Lampu ini banyak digunakan untuk berbagai macam peralatan rumah tangga mulai dari senter, lampu ruangan, lampu hias hingga lampu untuk emergency. Cek harga lampu LED sesuai dengan jenis dan kegunaannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *